Efektivitas Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Prestasi Dan Pemahaman Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pangururan Kabupaten Samosir Tahun Ajaran 2019/2020

 (*)Esnan Sagala Mail (Pemerintah Kabupaten Samosir, Samosir, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

There is a tendency in education today to return to the idea that children learn better if the environment is created naturally. Learning will be more meaningful if children "experience" what they are learning, not "know" it. Target-oriented learning of mastery of the material proved successful in short-term 'remembering' competitions, but failed to equip children to solve problems in long-term life. The problems to be examined in this study are: (a) How is the social studies learning achievement increased by the application of active learning methods with directed teaching models? (b) How is the effect of active learning methods directed teaching models on learning motivation? The objectives of this study were: (a) Want to know the increase in social studies learning achievement after the application of the active learning method with the directed teaching model. (B) Want to know the effect of social studies learning motivation after the active learning method of directed teaching model is applied. This research uses action research as many as three rounds. The rotation consists of four stages, namely: design, activity and observation, reflection, and revision. The target of this research is the fifth grade students of SD Negeri 3 Pasar Pangururan, Samosir Regency. The data obtained are in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. From the results of the analysis, it was found that student learning achievement had increased from cycle I to cycle III, namely, cycle I (65.63%), cycle II (75.00%), cycle III (87.50%). The conclusion of this research is that the active learning method directed teaching model can have a positive effect on the learning motivation of students at SD Negeri 3 Pasar Pangururan, Samosir Regency, and this learning model can be used as an alternative to social studies learning.

Keywords:Social Studies, Active Learning, Model, Guided Teaching

Ada kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” sendiri apa yang dipelajarinya, bukan ‘mengetahui’-nya. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi ‘mengingat’ jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangkan panjang. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar IPS dengan diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah? (b) Bagaimanakah pengaruh metode belajar aktif model pengajaran terarah terhadap motivasi belajar ? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS setelah diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah.(b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar IPS setelah diterapkan metode belajar aktif model pengajaran terarah.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setian putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalh siswa kelas V SD Negeri 3 Pasar Pangururan Kabupaten Samosir. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,63%), siklus II (75,00%), siklus III (87,50%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode belajar aktif model pengajaran terarah dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SD Negeri 3 Pasar Pangururan Kabupaten Samosir, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 93 times

References

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineksa Cipta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hadi, Sutrisno. 1981. Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.

Hamalik, Oemar. 1994. Metode Pendidikan. Bandung:Citra Aditya Bakti.

Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.

Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta.

Mursell, James ( - ). Succesfull Teaching (terjemahan). Bandung: Jemmars.

Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Poerwodarminto. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Ilmu.

Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendekia.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineksa Cipta.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Efektivitas Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Prestasi Dan Pemahaman Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pangururan Kabupaten Samosir Tahun Ajaran 2019/2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ABDIMAS Budi Darma



Jurnal ABDIMAS Budi Darma
STMIK  BUDI DARMA
Sekretariat: Jalan Sisingamangaraja No. 338
Email: jurnal.abdimasbd@gmail.com
Jurnal ABDIMAS Budi Darma is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.