Determinant Analysis of Learning Interest in Informatics Management Students at STMIK Mulia Darma

Authors

  • Monang Juanda Tua Sihombing STMIK Mulia Darma
  • Sri Trianovie STMIK Mulia Darma

Keywords:

Intellectual Intelligence, Learning Motivation, Learning Behavior, Interest in Learning, SEM PLS

Abstract

This study aims to analyze the influence of intellectual intelligence, learning motivation, and learning behavior on the learning interest of students in the Information Management Study Program at STMIK Mulia Darma. Higher education institutions play a strategic role in improving the quality of human resources, particularly in shaping intellectual and professional abilities. However, various problems still exist, including low-quality educators, limited educational facilities, and weak links between education and the needs of the workforce. Intellectual intelligence without the support of positive motivation and learning behavior cannot produce an optimal learning process. Students with low motivation and learning behavior tend to show a lack of responsibility and participation in academic activities. This study uses the Structural Equation Modeling (SEM) approach with the Partial Least Squares (PLS) method to test the relationship between latent variables. The results of this study are expected to contribute to efforts to improve the quality of learning and develop student interest in learning in higher education.

References

Akuntansi J. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Etika Pendidik Dengan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Universitas Sumatera Utara , Universitasnegeri Medan , Universitas Harapan Medan Dan Universitas Medan Area ). 2022;2(November):34–44.

Andreana MOC, Putri IGAMAD. The effect of intellectual intelligence, emotional intelligence, spiritual intelligence and gender on ethical behavior. Accounting. 2020;6(7):1411–8.

Ferdian RI. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Ethical Sensitivity terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Sebagai Calon Akuntan (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi di Kota Padang. J Eksplor Akunt. 2021;2(4)(4):3840–57.

Su’udiyah A. Pengaruh Kecerdasan Imtelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jakarta). Menara ilmu. 2017;XI(77):18–24.

Wijaya C, Mediatrix Ratna Sari M. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akunt. 2019;28(2):1116.

Ratih Manuari IA, Devi NLNS. Pengaruh Kecerdasan dan Love of Money Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akunt. 2020;30(11):2969.

Pengaruh pendapatan dan kecerdasan spiritual terhadap persepsi etis mahasiswa dengan. 4(2):193–203.

Agustini. Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap sikap Etis mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. E-Journal Akunt Univ Pendidik Ganesha Singaraja. 2013;1(1):1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/359/310

Risabella N. Factors Affecting The Ethical Behavior a Student Accounting University Jember. Artik Ilm. 2014;

Agustina, A., & Yanti, D. M. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Mikroskil Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.55601/jwem.v5i1.221

Aldilto, B. (2018). Pemahaman Mahasiswa Tingkat Awal Terhadap Kuliah Akuntansi Pengantar: Analisis Berbasis Asal Sekolah Menengah Dan Gender. Photosynthetica, 2(1), 1–13. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Arminiasih, K. A., Sulindawati, N. L. G. E., & Herawati, N. T. (2019). Pengaruh pengendalian diri, budaya, kepercayaan diri (self-confidence) terhadap tingkat pemahaman akuntansi (Studi empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 angkatan tahun 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 10(2), 104–112. https://doi.org/10.23997/jimat.v10i2.20498

Efriyenti, D. (2017). Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Internasional Batam). Pekbis, 9(3), 241–252.

Eko Budi Waluya, Luqman Hakim & Norida Canda Sakti, 2019 Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Insert Ekonomi Syariah dengan Intervening Kecerdasan Spiritual Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Ferdy, M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Islam Indonesia. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Goleman, D. (2012). Emosional Intellegence, Kecerdasan Emosional: Mengapa EQ Lebih Penting daripada IQ. PT. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Herlinda, M. V. S. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2011 Universitas Jember). In Digital Repository Universitas Jember.

Kurniawan, A. (2014). Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis Teori, Konsep dan Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengelolaan Data dengan IBM SPSS 22.0). Bandung: Alfabeta.

Lestari, P. A. I., Rispantyo, & Kristianto, D. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar, Dan Latar Belakang Pendidikan Menengah Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informas, 14(2), 194–201. https://ci.nii.ac.jp/naid/40021664856/

Listiadi, A. S. & A. (2019). Kepercayaan Diri Memoderasi Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Akuntansi, Dan Hasil Belajar Akuntansi Dasar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Siswa. Pendidikan Akuntansi, 07(03), 512–519. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-bettermfiresults

Maryam, S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi STIE Sutaatmadja Subang). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 143–151.

Mulyani, S. (2017). Pengaruh Pengendalian Diri, Kepercayaan Diri, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Umrah, 4(1), 51–63.

Rahayu, S. I. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Dasar Akuntansi. Jurnal Pajak, Akuntansi, Sistem Informasi, Dan Auditing (PAKSI), 1(1), 40–57. https://doi.org/10.33476/jpaksi.v1i1.966

Rimbano, D., & Putri, M. S. E. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 15(1), 988. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v25.i02.p07

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Rokhana, L. A., & Sutrisno, S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Sihombing, M. J. T., & Trianovie, S. (2025). Determinant Analysis of Learning Interest in Informatics Management Students at STMIK Mulia Darma . Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 7(1), 221–227. Retrieved from https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/JSON/article/view/9329