Pengukuran Kualitas Layanan Perpustakaan dengan Metode Service Quality dan Deepface Menggunakan Ekspresi Wajah
DOI:
https://doi.org/10.30865/json.v6i1.8460Keywords:
deepface, emosional, layanan, scanning, service qualityAbstract
Abstrak? Kualitas layanan merupakan salah satu bagian terpenting dalam pemasaran baik itu barang maupun jasa. Kualitas layanan yang baik tentunya akan memberikan persepsi positif bagi masyarakat, namun sebaliknya jika layanan yang buruk maka akan memberikan persepsi negatif. Layanan yang baik akan memberikan kepuasan bagi pelanggan/pengunjung. Kepuasan layanan produk/jasa merupakan faktor-faktor yang memberikan pengaruh pada sebuah perusahaan. Pengukuran kualitas layanan perpustakaan di Universitas Battuta masih menggunakan kuesioner dengan media kertas. Pada pelaksanaannya, kuesioner ini sering kali diabaikan oleh pengunjung karena pengisian dan waktu pemrosesan yang membutuhkan waktu yang cukup lama serta Universitas Battuta belum memiliki sistem atau perangkat lunak pengukuran kualitas layanan. Sehingga Universitas Battuta mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi maupun feedback dari pengunjung terhadap layanan yang telah berjalan selama ini. Penelitian berfokus pada pengembangan dan perancangan sebuah sistem yang mampu mengukur kualitas layanan perpustakaan menggunakan ekspresi wajah pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode service quality, dimana pengukuran dilakukan dengan membandingkan antara harapan pengunjung dengan layanan yang diterima oleh pengunjung. Sedangkan metode Deepface digunakan sebagai deteksi ekspresi wajah pengunjung yang mampu mengenali dan menganalisa ekspresi emosional wajah pengunjung ketika memberikan penilaian kunjungan perpustakaan, apakah sangat puas, puas, tidak puas dan sangat tidak puas. Hasil pengujian dari penelitian ini menggunakan 510 sampel wajah menunjukkan hasil akurasi yang sangat baik dengan jarak wajah ke webcam sebesar kurang dari 50 cm. Hasil deteksi ekspresi wajah pengujung menunjukkan hasil yang cukup akurat dalam mengenali ekspresi wajah pengunjung.
References
Ismayda Vivi Lufita and Rennyta Yusiana, “Pengukuran Kualitas Layanan Dengan Metode Service Quality (Servqual) Dalam Rangka Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BJB Kantor Cabang Pembantu Gedebage Bandung Tahun 2021,” in e-Proceeding of Applied Science, 2021, pp. 1071–1078.
M. Fuadi, U. Darusalam, and A. Kusuma Whardana, “Face Recognition Menggunakan OpenCV Dengan Bahasa Pemograman Python OOP Untuk Sistem Presensi Rumah Sakit,” Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications, vol. 2, no. 3, pp. 218–224, 2021.
I. P. S. Almantara, M. Sudarma, and I. B. A. Swamardika, “Penilaian Tingkat Kepuasan Layanan Produk/Jasa dengan Metode Service Quality Model,” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 20, no. 2, p. 223, Dec. 2021, doi: 10.24843/MITE.2021.v20i02.P06.
E. Julianto, S. Ardana Ardiyansa, T. Scholastica Tanzil, H. Ahmad Fajri, and N. Clarissa Maharani, “IMPLEMENTASI DEEPFACE UNTUK ANALISIS EKSPRESI WAJAH PADA DEBAT CALON WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JSTI), vol. 6, no. 3, pp. 196–206, Aug. 2024.
G. M, P. A, S. V, S. M, and L. K, “Improved Facial Emotion Recognition using Yolo and DeepFace for Music suggestion,” in 2022 3rd International Conference on Electronics and Sustainable Communication Systems (ICESC), IEEE, Aug. 2022, pp. 1124–1127. doi: 10.1109/ICESC54411.2022.9885456.
Bilya Putra Aji and A. Hernawan, “Sistem Informasi Surat Elektronik Untuk Akademik UIN Mataram (Dengan Python Django Framework),” Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), vol. 3, no. 2, pp. 252–262, Sep. 2022, doi: 10.29303/jbegati.v3i2.777.
E. Purwawijaya, R. N. Singarimbun, and H. Pasaribu, “Implementasi Face Recognition Pada Absensi Karyawan Menggunakan Local Binary Pattern Histogram dan SHA 256 bit,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 6, no. 4, p. 2383, Oct. 2022, doi: 10.30865/mib.v6i4.4923.
A. T. J. Harjanta and F. M. Dewanto, “REAL TIME TRACKING OBYEK BERGERAK DENGAN WEBCAM BERBASIS WARNA DENGAN METODE BACKGROUND SUBTRACTION,” Jurnal Transformatika, vol. 15, no. 1, p. 1, Jul. 2017, doi: 10.26623/transformatika.v15i1.449.
Rice Novita and Wan Mulyani Egusti, “Penerapan Metode Servqual Terhadap Kualitas Layanan Sistem Informasi Pengarsipan,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 11, 2019, pp. 240–246.
Y. D. PRATAMA, H. Setiawan, A. Alfian, T. Sunarni, and D. Budiarto, “Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan (Services Quality) pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Potong Rambut (Barbershop) di Palembang,” Jurnal Tekno, vol. 19, no. 2, pp. 116–128, Jan. 2023, doi: 10.33557/jtekno.v19i2.2130.
Sefik Serengil, “https://viso.ai/computer-vision/deepface/,” viso.ai.
M. E. Riyadani and S. Subiyanto, “Sistem Keamanan Untuk Otorisasi Pada Smart Home Menggunakan Pengenalan Wajah Dengan Library OpenCV,” Jurnal SISKOM-KB (Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan), vol. 5, no. 2, pp. 69–77, Mar. 2022, doi: 10.47970/siskom-kb.v5i2.284.
Jemal Rashidi, Komang Candra Brata, and Adam Hendra Brata, “Pembangunan Aplikasi Program Membership Wahana Go-Kart menggunakan Flutter dengan Pustaka Deepface (Studi Kasus CVIndi Karya Teknik),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 7, pp. 3054–3061, Jul. 2022.
A. W. Wibowo, A. Karima, Wiktasari, A. Yobioktabera, and S. Fahriah, “Pendeteksian dan Pengenalan Wajah Pada Foto Secara Real Time Dengan Haar Cascade dan Local Binary Pattern Histogram,” JTET (Jurnal Teknik Elektro Terapan), vol. Vol. 9 No., 2020.
“Improved Accuracy of Face Recognition System to Identify Criminal Based on Innovative Feature Extractor to Improve Accuracy Using Deepface over LBPH Algorithm,” J Pharm Negat Results, vol. 13, no. SO4, Jan. 2022, doi: 10.47750/pnr.2022.13.S04.051.
R. Kosasih and C. Daomara, “Pengenalan Wajah dengan Menggunakan Metode Local Binary Patterns Histograms (LBPH),” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 5, no. 4, pp. 1258–1264, Oct. 2021, doi: 10.30865/mib.v5i4.3171.
M. Munawar, M. Maisura, and C. M. Nur, “PERANCANGAN APLIKASI PENGOLAHAN DATA BUKU DAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN PADA TAMAN BACAAN MASYARAKAT AR-RASYID ACEH BESAR,” Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 3, no. 2, p. 122, Feb. 2019, doi: 10.22373/cj.v3i2.6340.
R. R. Reynaldo and I. Maliki, “Pengenalan Ekspresi Wajah dengan Metode Viola Jones dan Convolutional Neural Network,” Komputika : Jurnal Sistem Komputer, vol. 10, no. 1, pp. 1–9, Mar. 2021, doi: 10.34010/komputika.v10i1.4119.
Sutarti, S. Samsuni, and I. Asseghaf, “Sistem Keamanan Rumah melalui Pengenalan Wajah Menggunakan Webcam dan Library Opencv Berbasis Raspberry Pi,” Jurnal Dinamika Informatika, vol. 8, no. 2, 2019.
F.- Sonata, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 22–31, Jun. 2019, doi: 10.31504/komunika.v8i1.1832.
D. A. B. Prasetyo, “Implementasi Information Schema Database Pada PostgreSQL untuk Pembuatan Tabel Informasi dengan Menggunakan Python Di PT XYZ,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 9, no. 3, pp. 1961–1972, Sep. 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i3.2221.
E. P. Wijaya, S. Kosasi, and D. David, “Implementasi Aplikasi Web Full Stack Pendataan Cloversy.id,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 10, no. 3, pp. 320–327, Nov. 2021, doi: 10.32736/sisfokom.v10i3.1293.



