Penerapan CRISP-DM dalam Klasifikasi Sentimen dan Analisis Perilaku Pembelian Layanan Akomodasi Hotel Berbasis Algoritma Decision Tree (DT)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
N. C. Sastya and I. Nugraha, “Penerapan Metode CRISP-DM dalam Menganalisis Data untuk Menentukan Customer Behavior di MeatSolution,†J. Pendidik. dan Apl. Ind., vol. 10, no. 2, pp. 103–115, 2023.
I. Fitrianti, A. Voutama, and Y. Umaidah, “Clustering Film Populer pada Aplikasi Netflix dengan Menggunakan Algoritma K-Means dan Metode CRISP-DM,†JTSI, vol. 4, no. 2, pp. 301–311, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/view/4929%0Ahttps://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jtsi/article/download/4929/1546
F. Salsabila, I. Fitrianti, Y. Umaidah, and N. Heryana, “Penerapan Metode CRISP-DM untuk Analisa Pendapatan Bersih Bulanan Pekerja Informal di Provinsi Jawa Barat dengan Algoritma K-Means,†DINAMIK, vol. 28, no. 2, pp. 97–104, 2023.
Y. Yudiana, A. Y. Agustina, and N. Khofifah, “Prediksi Customer Churn Menggunakan Metode CRISP-DM Pada Industri Telekomunikasi Sebagai Implementasi Mempertahankan Pelanggan,†IJEB Indones. J. Islam. Econ. Bus., vol. 8, no. 1, pp. 1–20, 2023, [Online]. Available: http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/ijoieb
I. Z. P. Hamdan and M. Othman, “Predicting Customer Loyalty Using Machine Learning for Hotel Industry,†J. Soft Comput. Data Min., vol. 3, no. 2, pp. 31–42, 2022.
V. Jap, J. Hartanto, and S. Wijaya, “Analisis Kepuasan Dan Ketidakpuasan Tamu Hotel Novotel: Pendekatan Text Mining Atas Ulasan Daring Pada Situs Web Tripadvisor,†J. Manaj. Perhotelan, vol. 9, no. 2, pp. 71–80, 2023, doi: 10.9744/jmp.9.2.71-80.
P. A. D. S. Dieby, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Persepsi Risiko terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Tamu yang Menginap pada Masa Pandemi Covid-19 di Hotel Accor Group Bali,†JIMPS J. Ilm. Mhs. Pendidik. Sej., vol. 8, no. 4, pp. 5104–5117, 2023.
N. Wulansari, Y. Abrian, and A. Adrian, “Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Menginap,†J. Manaj. Terap. dan Keuang., vol. 10, no. 2, pp. 171–182, 2021.
R. Setiadi, “Social Media Marketing and Customized Customer Relationship Management: The Implication For Marketing Performance of Budget Hotel Industry,†Indones. J. Bus. Entrep., vol. 9, no. 3, pp. 478–490, 2023, doi: 10.17358/ijbe.9.3.478.
N. Yuliasti and V. Cyasmoro, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, CRM dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Tamu Menginap di Hotel Horison Ultima Bekasi,†eCo-Buss, vol. 6, no. 1, pp. 238–252, 2023.
R. D. Wiastuti and N. H. Wiliam, “Analisis Isi International Luxury Hotel di Bandung Berdasarkan TripAdvisor dan Agoda,†J. Tour. Hosp. Essentials J., vol. 8, no. 2, pp. 111–120, 2018, doi: 10.17509/thej.v8i2.13745.
Wisyani and V. Okditazeini, “Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Emersia Batusangkar Dalam Meningkatkan Pengunjung Pasca Pandemi Covid-19,†J. Komun. dan Penyiaran, vol. 3, no. 1, pp. 61–77, 2023, doi: 10.55397/cps.v3i1.38.
Valdio and M. P. Berlianto, “Pengaruh Authenticity, Interactivity, Involvement dan Customer Engagement Dalam Memprediksi Customer Loyalty Pada Pemesan Hotel Melalui Traveloka.com,†in NCBMA 2023 (Universitas Peilta Harapan Indonesia), 2023, pp. 158–172.
Erniyati, P. Harsani, M. Mulyati, and L. D. Fahriza, “Topic Modeling LDA and SVM in Sentiment Analysis of Hotel Reviews,†Komputasi J. Ilm. Ilmu Komput. dan Mat., vol. 20, no. 2, pp. 93–100, 2023, doi: 10.33751/komputasi.v20i2.7604.
H. Februariyanti, M. Firmansyah, J. S. Wibowo, and M. S. Utomo, “Analisis Sentimen Tanggapan Terhadap Aplikasi Layanan Informasi Penginapan Menggunakan Metode Klasifikasi Naive Bayes,†semanTIK, vol. 6, no. 2, pp. 115–124, 2020.
Y. A. Singgalen, “Penerapan Metode CRISP-DM untuk Optimalisasi Strategi Pemasaran STP (Segmenting , Targeting , Positioning) Layanan Akomodasi Hotel , Homestay , dan Resort,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 7, no. 4, pp. 1980–1993, 2023, doi: 10.30865/mib.v7i4.6896.
Y. A. Singgalen, “Analisis Sentimen dan Sistem Pendukung Keputusan Menginap di Hotel Menggunakan Metode CRISP-DM dan SAW,†J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1343–1353, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3917.
Y. A. Singgalen, “Analisis Sentimen Konsumen terhadap Food , Services , and Value di Restoran dan Rumah Makan Populer Kota Makassar Berdasarkan Rekomendasi Tripadvisor Menggunakan Metode CRISP-DM dan,†Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 4, no. 4, pp. 1899–1914, 2023, doi: 10.47065/bits.v4i4.3231.
Y. A. Singgalen, “Analisis Sentimen Wisatawan terhadap Kualitas Layanan Hotel dan Resort di Lombok Menggunakan SERVQUAL dan CRISP-DM,†Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 4, no. 4, pp. 1870–1882, 2023, doi: 10.47065/bits.v4i4.3199.
Y. A. Singgalen, “Analisis Perilaku Wisatawan Berdasarkan Data Ulasan di Website Tripadvisor Menggunakan CRISP-DM : Wisata Minat Khusus Pendakian Gunung Rinjani dan Gunung Bromo,†J. Comput. Syst. Informatics, vol. 4, no. 2, pp. 326–338, 2023, doi: 10.47065/josyc.v4i2.3042.
Y. A. Singgalen, “Analisis Sentimen Wisatawan terhadap Taman Nasional Bunaken dan Top 10 Hotel Rekomendasi Tripadvisor Menggunakan Algoritma SVM dan DT berbasis CRISP-DM,†J. Comput. Syst. Informatics, vol. 4, no. 2, pp. 367–379, 2023, doi: 10.47065/josyc.v4i2.3092.
Y. A. Singgalen, “Analisis Sentimen Pengunjung Pulau Komodo dan Pulau Rinca di Website Tripadvisor Berbasis CRISP-DM,†J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 2, pp. 614–625, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i2.2999.
Y. A. Singgalen, “Analisis Sentimen Wisatawan Melalui Data Ulasan Candi Borobudur di Tripadvisor Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier,†Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 4, no. 3, p. 1343−1352, 2022, doi: 10.47065/bits.v4i3.2486.
Y. A. Singgalen, “Penerapan Metode CRISP-DM dalam Klasifikasi Data Ulasan Pengunjung Destinasi Danau Toba Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier ( NBC ) dan Decision Tree ( DT ),†J. Media Inform. Budidarma, vol. 7, no. 3, pp. 1551–1562, 2023, doi: 10.30865/mib.v7i3.6461.
Y. A. Singgalen, “Perbandingan Metode ARAS dan EDAS dalam Menghasilkan Rekomendasi Layanan Akomodasi Hotel,†J. Comput. Syst. Informatics, vol. 5, no. 1, pp. 155–164, 2023, doi: 10.47065/josyc.v5i1.4574.
Y. A. Singgalen, “Penerapan Metode Additive Ratio Assessment ( ARAS ) dan Ranking of Centroid ( ROC ) dalam Pemilihan Layanan Akomodasi dan Local Cuisine,†J. Comput. Syst. Informatics, vol. 5, no. 1, pp. 51–60, 2023, doi: 10.47065/josyc.v5i1.4569.
Y. A. Singgalen, “Penerapan Metode Evaluation based on Distance from Average Solution ( EDAS ) dalam Optimalisasi Layanan dan Pemasaran Coffeeshop,†J. Comput. Syst. Informatics, vol. 5, no. 1, pp. 1–9, 2023, doi: 10.47065/josyc.v5i1.4460.
Y. A. Singgalen, “Analisis Perbandingan Top 10 Best-Value dan Top 10 Traveler- Ranked Hotel Menggunakan MOORA,†J. Comput. Syst. Informatics, vol. 4, no. 4, pp. 899–911, 2023, doi: 10.47065/josyc.v4i4.4070.
Y. A. Singgalen, “Analisis Sentimen Top 10 Traveler Ranked Hotel di Kota Makassar Menggunakan Algoritma Decision Tree dan Support Vector Machine,†KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 323–332, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1153.
Y. A. Singgalen, “Analisis Model Pendukung Keputusan Simple Additive Weighting ( SAW ) terhadap Top 10 Traveler Ranked Hotel,†KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 418–426, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1159.
Y. A. Singgalen, “Analisis Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis ( MOORA ) Terhadap Data Top 10 Best Value Hotel,†J. Comput. Syst. Informatics, vol. 4, no. 4, pp. 841–849, 2023, doi: 10.47065/josyc.v4i4.4053.
Y. A. Singgalen, “Penerapan Metode TOPSIS Sebagai Pendukung Keputusan Pemilihan Layanan Akomodasi di Destinasi Wisata Pulau,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 7, no. 3, pp. 1386–1394, 2023, doi: 10.30865/mib.v7i3.6530.
R. A. Barro, I. D. Sulvianti, and M. Afendi, “Penerapan Synthetic Minority Oversampling Technique (Smote) Terhadap Data Tidak Seimbang Pada Pembuatan Model Komposisi Jamu,†Xplore J. Stat., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2013.
Y. E. Kurniawati, “Class Imbalanced Learning Menggunakan Algoritma Synthetic Minority Over-sampling Technique – Nominal (SMOTE-N) pada Dataset Tuberculosis Anak,†J. Buana Inform., vol. 10, no. 2, pp. 134–143, 2019, doi: 10.24002/jbi.v10i2.2441.
N. L. W. S. R. Ginantra, C. P. Yanti, G. D. Prasetya, I. B. G. Sarasvandana, and I. K. A. G. Wiguna, “Analisis Sentimen Ulasan Villa di Ubud Menggunakan Metode Naive Bayes, Decision Tree, dan k-NN,†Janapati, vol. 11, no. 3, pp. 205–216, 2022.
R. Sarudin and A. Ismail, “Tripadvisor.Com Review Online Analysis On The Interest Of Buying Accommodation Services In Hotel Manhattan,†J. Hosp. dan Pariwisata, vol. 7, no. 4, pp. 33–43, 2021, [Online]. Available: https://journal.ubm.ac.id/index.php/hospitality-pariwisata
S. W. Zanra, “Pengaruh Media Instagram Terhadap Minat Pembelian Kamar Pada Hotel Khas Pekanbaru dengan Pemenuhan Informasi Sebagai Variabel Mediasi,†J. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2023, [Online]. Available: http://journal.stieindragiri.ac.id/index.php/jmbi%0APENGARUH
N. Hasanah and A. Priatama, “Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Perhotelan Di Kota Tarakan,†J. Manaj. dan Bisnis, vol. 4, no. 3, pp. 409–416, 2022.
G. D. Apsarini and E. Ervina, “Keputusan Wisatawan Backpacker dalam Memilih Hostel di Kota Bandung,†J. Ilm. Univ. Muhammadiyah But., vol. 9, no. 4, pp. 864–874, 2023.
F. Chairani and N. Wulansari, “Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Menginap di Four Points By Sheraton Batam,†Student Sci. Creat. J., vol. 1, no. 6, pp. 210–2018, 2023.
G. L. Silalahi, E. Ervina, and R. Taufiq, “Hubungan Karakteristik Tamu dengan Keputusan Tamu Menginap di Virtual Hotel Operator di Kota Bandung,†JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 11, pp. 9167–9172, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i11.2937.
G. Yulanda and E. D. H. Putri, “Strategi Guest Relation Officer Dalam Penanganan Tamu Yang Menunggu Pelayanan Di Hotel Santika Premiere Yogyakarta,†J. Khasanah Ilmu, vol. 8, no. 1, pp. 20–30, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/1413
F. M. Suarka, P. R. Pertiwi, and I. B. D. Setiawan, “Upaya Guest Relation Officer dalam Menangani Keluhan Tamu Peserta MICE di Hotel Kawasan ITDC Nusa Dua Bali,†J. Kepariwisataan dan Hosp., vol. 2, no. 2, pp. 144–156, 2018.
W. D. Lestari, Ramadania, and E. Listiana, “Pengaruh Pengalaman Pelanggan dan Kondisi Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Pengaruhnya Terhadap Niat Menginap Kembali,†J. Bening, vol. 10, no. 2, pp. 74–85, 2023.
Yolanda Syafri and D. P. Wulandari, “Pengaruh Service Performance terhadap Repurchase Intention di The Axana Hotel Padang,†J. Manaj. Perhotelan dan Pariwisata, vol. 6, no. 2, pp. 662–669, 2023, doi: 10.23887/jmpp.v6i2.67104.
B. Handrianto, R. A. Vildayanti, Noermijati, S. Aisjah, and A. S. Hussein, “Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Kembali,†J. Jimek, vol. 6, no. 1, pp. 23–35, 2023.
DOI: https://doi.org/10.30865/json.v5i2.7081
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yerik Afrianto Singgalen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON)
Dikelola oleh Universitas Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
email : jurnal.json@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.