Analisis Sentimen Ulasan Pelanggan Online Ubi Madu Cilembu Abah Nana Menggunakan Algoritma Naïve Bayes
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 790 timesPDF - 355 times
References
A. I. Tanggraeni and M. N. N. Sitokdana, “Analisis Sentimen Aplikasi E-Government pada Google Play Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 2, pp. 785–795, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i2.1835.
A. A. Arifiyanti and E. D. Wahyuni, “Smote: Metode Penyeimbang Kelas Pada Klasifikasi Data Mining,” SCAN - J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 1, pp. 34–39, 2020, doi: 10.33005/scan.v15i1.1850.
C. Cahyaningtyas, Y. Nataliani, and I. R. Widiasari, “Analisis Sentimen Pada Rating Aplikasi Shopee Menggunakan Metode Decision Tree Berbasis SMOTE,” Aiti, vol. 18, no. 2, pp. 173–184, 2021, doi: 10.24246/aiti.v18i2.173-184.
P. S. Dewi, C. K. Sastradipraja, and D. Gustian, “Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Menggunakan Metode Algoritma Naïve Bayes Classifier,” J. Teknol. dan Inf., vol. 11, no. 1, pp. 66–80, 2021, doi: 10.34010/jati.v11i1.3593.
S. Febriani and H. Sulistiani, “Analisis Data Hasil Diagnosa Untuk Klasifikasi Gangguan Kepribadian Menggunakan Algoritma C4.5,” 89Jurnal Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 4, pp. 89–95, 2021.
I. H. Witten, E. Frank, M. A. Hall, and C. J. Pal, “Data Mining: Practical Machine Learning Tools and Techniques,” Data Min. Pract. Mach. Learn. Tools Tech., pp. 1–621, 2016.
W. Parasati, F. A. Bachtiar, and N. Y. Setiawan, “Analisis Sentimen Berbasis Aspek pada Ulasan Pelanggan Restoran Bakso President Malang dengan Metode Naïve Bayes Classifier,” vol. 4, no. 4, 2020.
N. Saurina, T. Rahayuningsih, and L. Retnawati, “Analisis Sentimen Ulasan Pelanggan Batik Ecoprint Menggunakan Naïve Bayes Dan KNN Classifier,” vol. 9, no. 2, 2022.
F. N. Hasan and M. Dwijayanti, “Analisis Sentimen Ulasan Pelanggan Terhadap Layanan Grab Indonesia Menggunakan Multinominal Naïve Bayes Classifier,” J. Linguist. Komputasional, vol. 4, no. 2, pp. 52–58, 2021, doi: https://doi.org/10.26418/jlk.v4i2.61.
I. Darmawan, O. N. Pratiwi, F. R. Industri, and U. Telkom, “Analisis Sentimen Ulasan Produk Toko Online Rubylicious Untuk,” vol. 7, no. 2, pp. 7026–7034, 2020.
D. Normawati and S. A. Prayogi, “Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen Berbasis Teks Pada Twitter,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 5, no. 2, pp. 697–711, 2021.
A. Surahman, A. F. Octaviansyah, and D. Darwis, “Ekstraksi Data Produk E-Marketplace Sebagai Strategi Pengolahan Segmentasi Pasar Menggunakan Web Crawler,” Sistemasi, vol. 9, no. 1, p. 73, 2020, doi: 10.32520/stmsi.v9i1.580.
O. I. Gifari, M. Adha, F. Freddy, and F. F. S. Durrand, “Analisis Sentimen Review Film Menggunakan TF-IDF dan Support Vector Machine,” J. Inf. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 36–40, 2022, doi: 10.46229/jifotech.v2i1.330.
A. Aziz, “Analisis Sentimen Identifikasi Opini Terhadap Produk, Layanan dan Kebijakan Perusahaan Menggunakan Algoritma TF-IDF dan SentiStrength,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 6, no. 1, p. 115, 2022.
A. D. Adhi Putra, “Analisis Sentimen pada Ulasan pengguna Aplikasi Bibit Dan Bareksa dengan Algoritma KNN,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 2, pp. 636–646, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i2.962.
F. Ratnawati, “Implementasi Algoritma Naive Bayes Terhadap Analisis Sentimen Opini Film Pada Twitter,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 3, no. 1, p. 50, 2018, doi: 10.35314/isi.v3i1.335.
S. Mujahidin, B. Prasetio, and M. C. C. Utomo, “Implementasi Analisis Sentimen Masyarakat Mengenai Kenaikan Harga BBM Pada Komentar Youtube Dengan Metode Gaussian naïve bayes,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 10, no. 3, p. 17, 2022, doi: 10.24036/voteteknika.v10i3.118299.
H. F. Putro, R. T. Vulandari, and W. L. Y. Saptomo, “Penerapan Metode Naive Bayes Untuk Klasifikasi Pelanggan,” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.30646/tikomsin.v8i2.500.
D. Darwis, N. Siskawati, and Z. Abidin, “Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Review Data Twitter Bmkg Nasional,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, p. 131, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.744.
M. Hofmann and R. Klinkenberg, Data Mining and Knowledge Discovery Series Edited by. 2014.
T. Wiratama Putra, A. Triayudi, and A. Andrianingsih, “Analisis Sentimen Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Naïve Bayes, KNN, dan Decision Tree,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 6, no. 1, pp. 20–26, 2022, doi: 10.35870/jtik.v6i1.368.
RAVI SHAH, “Guide to Tokenizers and Preprocessing,” Kaggle, 2022. https://www.kaggle.com/competitions/feedback-prize-english-language-learning/overview (accessed Aug. 05, 2023).
AMED, “Indonesian stemmer / stopwords,” Kaggle, 2021. https://www.kaggle.com/competitions/shopee-product-matching/overview (accessed Aug. 22, 2023).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhammad Rafly Al Fattah Zain, Mia Kamayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON)
Dikelola oleh STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
email : jurnal.json@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.