Klasifikasi Sentimen Masyarakat di Twitter Terhadap Kenaikan Harga BBM dengan Metode Support Vector Machine
|
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 253 timesPDF - 97 times
References
Appannie.com, “State of Mobile 2022,” appannie.com, 2022. .
S. Merlinda, R. Aniqa, H. Alam, F. Ekonomi, and D. Bisnis, “Peranan Pemerintah melalui Intervensi Pasar dalam Perspektif Islam (Studi Kasus: Inflasi Harga BBM di Indonesia) Qorry Anggita Rishaq,” vol. 20, pp. 114–134, 2022.
B. Pamungkas, M. E. Purbaya, and D. J. A.K, “Analisis Sentimen Twitter Menggunakan Metode Support Vector Machine (SVM) pada Kasus Benih Lobster 2020,” J. Informatics, Inf. Syst. Softw. Eng. Appl., vol. 3, no. 2, pp. 10–20, 2021.
D. Darwis, E. S. Pratiwi, and A. F. O. Pasaribu, “Penerapan Algoritma Svm untuk Analisis Sentimen pada Data Twitter Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia,” Edutic - Sci. J. Informatics Educ., vol. 7, no. 1, pp. 1–11, 2020.
M. R. A. Nasution and M. Hayaty, “Perbandingan Akurasi dan Waktu Proses Algoritma K-NN dan SVM dalam Analisis Sentimen Twitter,” J. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 226–235, 2019.
Ferdi and Vina Ayumi, “Analisa Sentimen Mengenai Kenaikan Harga Bbm Menggunakan Metode Naïve Bayes dan Support Vector Machine,” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2023, doi: 10.36085/jsai.v6i1.4628.
E. Febriyani and H. Februariyanti, “Analisis Sentimen Terhadap Program Kampus Merdeka Menggunakan Naive Bayes Classifier di Twitter,” J. TeknoKompak, vol. 17, no. 1, pp. 25–38, 2023, doi: 10.30865/json.v4i2.5381.
F. D. Ananda and Y. Pristyanto, “Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Layanan Internet Provider Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 20, no. 2, pp. 407–416, 2021, doi: 10.30812/matrik.v20i2.1130.
I. Riadi, R. Umar, and F. D. Aini, “Analisis Perbandingan Detection Traffic Anomaly dengan Metode Naive Bayes dan Support Vector Machine (SVM),” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 1, pp. 17–24, 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i1.361.17-24.
H. Tuhuteru and A. Iriani, “Analisis Sentimen Perusahaan Listrik Negara Cabang Ambon Menggunakan Metode Support Vector Machine dan Naive Bayes Classifier,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 3, pp. 394–401, 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i3.977.
A. D. Hartanto and N. K. Fitriyani, “Analisis Sentimen Terhadap Tokoh Publik Menggunakan Support Vector Machine,” MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 5, no. 1, pp. 8–12, 2020.
A. S. Rahayu and A. Fauzi, “Komparasi Algoritma Naïve Bayes dan Support Vector Machine (SVM) pada Analisis Sentimen Spotify,” J. Sist. Komput. dan Inform. Hal 349−, vol. 354, no. 2, pp. 349–354, 2022, doi: 10.30865/json.v4i2.5398.
L. Mutawalli, M. T. A. Zaen, and W. Bagye, “Klasifikasi Teks Sosial Media Twitter Menggunakan Support Vector Machine (Studi Kasus Penusukan Wiranto),” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 2, no. 2, p. 43, 2019, doi: 10.36595/jire.v2i2.117.
D. W. Syahputra, B. Rahayudi, and L. Muflikhah, “Analisis Sentimen Twitter terhadap Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat menggunakan Metode Support Vector Machine,” Fak. Ilmu Komputer, Univ. Brawijaya, vol. 6, no. 3, pp. 1067–1072, 2022.
M. Metode, S. Vector, M. Svm, and D. A. N. Asosiasi, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Tiktok di Google Play menggunakan Metode Support Vector Manchine (SVM) dan Asosiasi,” vol. 10, pp. 346–358, 2021.
W. Paulina, F. A. Bachtiar, and A. N. Rusydi, “Analisis Sentimen Berbasis Aspek Ulasan Pelanggan terhadap Kertanegara Premium Guest House Menggunakan Support Vector Machine,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 4, pp. 1141–1149, 2020.
H. C. Husada and A. S. Paramita, “Analisis Sentimen pada Maskapai Penerbangan di Platform Twitter Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM),” Teknika, vol. 10, no. 1, pp. 18–26, 2021.
Y. Yusra and M. Fikry, “Klasifikasi Tweet E-Commerce dengan Menggunakan Metode Support Vector Machine,” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 2, p. 50, 2018, doi: 10.24014/coreit.v4i2.5205.
Styawati., N. Hendrastuty, A. R. Isnain, and A. Y. Rahmadhani, “Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Program Kartu Prakerja pada Twitter dengan Metode Support Vector Machine,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 6, no. 3, pp. 150–155, 2021.
R. Darmawan, I. Indra, and A. Surahmat, “Optimalisasi Support Vector Machine (SVM) Berbasis Particle Swarm Optimization (PSO) pada Analisis Sentimen Terhadap Official Account Ruang Guru di Twitter,” J. Kaji. Ilm., vol. 22, no. 2, pp. 143–152, 2022, doi: 10.31599/jki.v22i2.1130.
Bila bermanfaat silahkan share artikel ini
Berikan Komentar Anda terhadap artikel Klasifikasi Sentimen Masyarakat di Twitter Terhadap Kenaikan Harga BBM dengan Metode Support Vector Machine
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Siti Nurhaliza, Yusra, Muhammad Fikry

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON)
Dikelola oleh STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
email : jurnal.json@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.