Analisa Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan CCTV Lalu Lintas Menggunakan Metode Naïve Bayes
DOI:
https://doi.org/10.30865/json.v4i3.6002Keywords:
CCTV, Naïve Bayes, TrafficAbstract
This study aims to determine the level of public satisfaction with the quality of traffic CCTV services at the Palembang City Police Station based on the results of a questionnaire containing Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty. This research is a quantitative research. The subject of this study was the community of Palembang city which amounted to 300 people Data collection uses questionnaire questionnaires, while data analysis is processed and calculated in mining applications, namely rapidminers using the Naïve Bayes method. The results showed that out of 300 respondents, 73 were very satisfied, 139 satisfied, 34 neutral, 29 dissatisfied, and 25 very dissatisfied. While the most respondents based on gender attributes are men with a total of 166, age attributes are 20-30 with a total of 86, education attributes are high school with a total of 150, job attributes are private employees with a total of 140, vehicle attributes are motorcycles with a total of 150. And from the category is Satisfied with the number of 139.References
A. C. A. Hartina, “PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENERAPAN TILANG ELEKTRONIK (STUDI DALAM WILAYAH KOTA MAKASSAR),†p. 12.
K. Erwan and E. Sulandari, “ANALISA LALU LINTAS TERHADAP KAPASITAS JALAN DI PINGGIRAN KOTA PONTIANAK (KASUS JALAN SUNGAI RAYA DALAM)â€.
B. S. Prakoso and G. D. Sutanto, “PENERAPAN METODE DECISION TREE DAN NAÃVE BAYES UNTUK MENGHITUNG KADAR KARAT EMAS,†vol. 3, no. 2, 2019.
F. F. Ramadhan, “UPAYA SATUAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN CCTV DALAM MENEKAN PELANGGARAN LALU LINTAS DI WILAYAH HUKUM POLRES SALATIGA,†vol. 4, p. 40, 2020.
N. M. Rangkuti, “ANALISA TINGKAT KESELAMATAN LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN DENGAN METODE TRAFFIC CONFLICT TECHNIQUE,†2019.
W. P. Nurmayanti, “Penerapan Naive Bayes dalam Mengklasifikasikan Masyarakat Miskin di Desa Lepak,†Geodika J. Kaji. Ilmu Dan Pendidik. Geogr., vol. 5, no. 1, pp. 123–132, Jun. 2021, doi: 10.29408/geodika.v5i1.3430.
D. Maulana and E. L. Nurjanah, “ANALISA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PENJUALAN BEAUTY PRODUK PADA ONLINE SHOP DENGAN MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES,†vol. 10, p. 8, 2019.
Wiyanto, “Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Perusahaan Otobus XYZ Menggunakan Metode Naïve Bayes,†2020.
A. Y. Kencana and S. Astuti, “METODE KLASIFIKASI DENGAN ALGORITMA NAÃVE BAYES UNTUK REKOMENDASI PENJURUSAN SMA TERANG BANGSA,†vol. 15, no. 3, p. 6.
R. K. Dinata, F. Fajriana, Z. Zulfa, and N. Hasdyna, “Klasifikasi Sekolah Menengah Pertama/Sederajat Wilayah Bireuen Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors Berbasis Web,†CESS J. Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 5, no. 1, p. 33, Jan. 2020, doi: 10.24114/cess.v5i1.14962.
S. Pramana, B. Yuniarto, S. Mariyah, I. Santoso, and R. Nooraeni, DATA MINING dengan R. 2018.
I. A. Nikmatun and I. Waspada, “IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI MASA STUDI MAHASISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR,†vol. 10, no. 2, 2019.
Q. Widayati, “PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN METODE TEKNIK CLASSIFICATION UNTUK MELIHAT POTENSI KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN,†J. Ilm. Matrik, vol. 20, no. 2, pp. 157–168, Jan. 2019, doi: 10.33557/jurnalmatrik.v20i2.119.
A. W. Batubara, P. Ginting, and A. Nurbaity, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN WORD OF MOUTH MAHASISWA PROGRAM STUDI DIPLOMA III ADMINISTRASI PERPAJAKAN FISIP USU,†J. Manaj., vol. 14, no. 02, 2014.
S. Suandi, “Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur,†J. PPS UNISTI, vol. 1, no. 2, pp. 13–22, Mar. 2019, doi: 10.48093/jiask.v1i2.8.
M. H. Rifqo and A. Wijaya, “IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES DALAM PENENTUAN PEMBERIAN KREDIT,†Pseudocode, vol. 4, no. 2, pp. 120–128, Sep. 2017, doi: 10.33369/pseudocode.4.2.120-128.
Z. Aini, F. Hutapea, and N. Ramadhanie, “IMPLEMENTASI SISTEM PENGAWASAN CCTV LALU LINTAS DI KOTA TANJUNGPINANG (STUDI KASUS DINAS PERHUBUNGAN),†vol. 11, p. 13, 2020.
A. Wedianto, H. L. Sari, and Y. S. H, “ANALISA PERBANDINGAN METODE FILTER GAUSSIAN, MEAN DAN MEDIAN TERHADAP REDUKSI NOISE,†J. MEDIA INFOTAMA, vol. 12, no. 1, Feb. 2016, doi: 10.37676/jmi.v12i1.269.
Y. Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,†Edik Inform., vol. 2, no. 2, pp. 213–219, Feb. 2017, doi: 10.22202/ei.2016.v2i2.1465.
S. Zein, L. Yasyifa, R. Ghozi, E. Harahap, F. Badruzzaman, and D. Darmawan, “PENGOLAHAN DAN ANALISIS DATA KUANTITATIF MENGGUNAKAN APLIKASI SPSS,†vol. 4, p. 7, 2019.



