PEMANFAATAN ALGORITMA CLUSHTERING DALAM MENGELOMPOKKAN JUMLAH DESA/KELURAHAN YANG MEMILIKI SARANA KESEHATAN MENURUT PROVINSI DENGAN K-MEANS

 (*)Mhd Gading Sadewo Mail (Mahasiswa Sistem Informasi STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar, Indonesia)
 Agus Perdana Windarto (STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar, Indonesia)
 Sundari Retno Andani (STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar, Indonesia)
 Handrizal Handrizal (STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi semua manusia karena tanpa kesehatan yang baik, maka setiap manusia akan sulit dalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari. Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Penelitian ini membahas tentang Pemanfaatan Algoritma Clushtering Dalam Mengelompokkan Jumlah Desa/Kelurahan Yang Memiliki Sarana Kesehatan Menurut Provinsi Dengan K-Means. Sumber data penelitian ini dikumpulkan berdasarkan dokumen-dokumen keterangan Jumlah Desa/Kelurahan Yang Memiliki Sarana Kesehatan yang dihasilkan oleh Badan Pusat Statistik Nasional. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari tahun 2008-2014 yang terdiri dari 34 provinsi. Variable yang digunakan (6) jumlah populasi dari tahun 2008-2014. Data akan diolah dengan melakukan clushtering dalam 3 clushter yaitu clusther tingkat sarana kesehatan  tinggi, clusther tingkat sarana kesehatan  sedang dan rendah. Centroid data untuk cluster tingkat populasi tinggi 245, 624, 1434, 1038, 2264, 1223, Centroid data untuk cluster tingkat populasisedang 53, 89, 203, 271, 691, 212, dan Centroid data untuk cluster tingkat populasi rendah 7, 1, 9, 50, 0, 23. Sehingga diperoleh  penilaian berdasarkan indeks Desa/Kelurahan Yang Memiliki Sarana Kesehatan dengan 4 provinsi tingkat sarana kesehatan tinggi yaitu Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, 14 provinsi tingkat sarana kesehatan sedang, dan 16 provinsi lainnya termasuk tingkat sarana kesehatan rendah. Hal ini dapat menjadi masukan kepada pemerintah, provinsi yang menjadi perhatian lebih pada Desa/Kelurahan Yang Memiliki Sarana Kesehatan berdasarkan cluster yang telah dilakukan.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 2369 times
PDF - 1380 times

References

Mhd Gading Sadewo, Agus Perdana Windarto, dan Dedy Hartama, “Penerapan Datamining Pada Populasi Daging Ayam Ras Pedaging Di Indonesia Berdasarkan Provinsi Menggunakan K-Means Clustering,” Jurnal Infotekjar(Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), vol. 2, no. 1, pp. 60-67, 2017.

J. O. Ong, “Implementasi Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing President University,” Jurnal Ilmiah Teknik Industri, vol. 12, no. 1, pp. 10 - 20, 2013.

K. R. Prilianti dan H. Wijaya, “Aplikasi Text Mining Untuk Automasi Penentuan Tren Topik Skripsi Dengan Metode K-Means Clustering,” Jurnal Cybermatika, vol. 2, no. 1, pp. 1-6, 2014.

Luthfi, Kusrini dan Emha Taufiq. 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi.

S. Agustina, D. Yhudo, H. Santoso, N. Marnasusanto, A. Tirtana dan F. Khusnu, “Clustering Kualitas Beras Berdasarkan Ciri Fisik Menggunakan Metode KMeans,” Universitas Brawijaya Malang, Malang, 2012.

Hermawati, F. A., 2013, Data Mining, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Wyatt, J. C, danSpiegelhalter, D., 1991, Field Trials of Medical Decision-Aids: PotentialProblems and Solutions, Clayton, P. (ed.): Proc. 15th Symposium on ComputerApplications in Medical Care, Vol 1, Ed. 2, McGraw Hill Inc, New York.

Venkateswarlu, B., & Raju, P. G., 2013, Mine Blood Donors Information through Improved KMeans Clustering, arXiv preprint arXiv:1309.2597.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PEMANFAATAN ALGORITMA CLUSHTERING DALAM MENGELOMPOKKAN JUMLAH DESA/KELURAHAN YANG MEMILIKI SARANA KESEHATAN MENURUT PROVINSI DENGAN K-MEANS

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer)




KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat Jln. Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
email: komik@univ-bd.ac.id, komik.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.