APLIKASI PENGENALAN JENIS VIRUS BERBAHAYA BAGI TUBUH MANUSIA DENGAN COMPUTER BASED LEARNING (CBL)

 (*)Mustika Rahayu Pasaribu Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Pembelajaran secara konvensional merupakan metode pembelajaran tradisional atau juga dengan metode ceramah, karena sejak dulu metode ini telah di pergunakan sebagai alat komunikasi lisan antara guru dengan anak didik dalam proses belajar dan pembelajaran. Dalam pembelajaran konvensional ditandai dengan ceramah yang diiringi  dengan penjelasan serta pembagian tugas dan latihan yang selalu dibatasi oleh waktu. Virus merupakan parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Ada beberapa metode pembelajaran berbasis komputer seperti Computer Based Learning (CBL) yang mampu menciptakan kegairahan peserta didik untuk belajar, memupuk keberanian dan kemantapan penampilan peserta didik, mengurangi hal-hal yang bersifat abstrak dan menampilkan kegiatan yang nyata, namun memiliki kelemahan yaitu memerlukan pengelompokan peserta didik yang fleksibel, Pengalaman simulasi tidak selalu tepat dengan kenyataan di lapangan, Simulasi sebagai alat pelajaran kadang terabaikan menjadi alat hiburan.



Article Metrics

Abstract view : 5160 times

References

Agus Syahrurachman, 1994, Mikrobiologi Kedokteran, Jakarta

Andrisa, “Macromedia Flash 8”, Media Computindo, Jakarta, 2007

Antonius Rachmat C, 2010, Algoritma Dan Pemrograman dengan Bahasa C, Yogyakarta, Andi

Iwan Binanto, “Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya”, 2008

Kusrini, 2007, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta, Andi

Nurhasanah, Perancangan Pembelajaran Citra Fraktal Berbasis Multimedia Menggunakan Metode Computer Based Learning, Jurnal Informasi dan Teknologi Ilmiah, STMIK BUDIDARMA, Volume V, Nomor :3 Februari 2013

Rusman, 2012, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung, Alfabeta.

http:id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi

Diakses tanggal 18 Mei 2015, 15:06

http ://id.wikipedia.org/wiki/pembelajaran Diakses tanggal 18 Mei 2015, 15 : 00

http://www.pengertianahli.com/2013/07/pengertian-pembelajaran-menurut-para.html. Diakses tanggal 18 Mei, 15 : 30

G. Sagala, M. Mesran, and D. U. Sutiksno, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PAKAIAN ADAT ASLI INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA DAN WEB MENERAPKAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI),” J. Ris. Komput., vol. 4, no. 4, pp. 12–15, 2017.

J. Simarmata, Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi, 2006.

M. H. Batubara, M. Mesran, A. H. Sihite, and I. Saputra, “APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK MESIN OTOMOTIF KENDARAAN RINGAN DENGAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION ( STUDI KASUS : SMK SWASTA KARYA PENDIDIK ),” Maj. Ilm. INTI, vol. 12, pp. 266–270, 2017.

J. Simarmata, Rekayasan Perangkat Lunak. Bandung: Andi Offset, 2015.

S. Bakti, N. A. Hasibuan, L. T. Sianturi, and R. D. Sianturi, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CORELDRAW X3 MENGGUNAKAN METODE WEB BASED LEARNING (WBL),” J. Ris. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 32–35, 2016.

A. K. Tarigan, S. D. Nasution, S. Suginam, and A. Karim, “Aplikasi Pembelajaran Citra Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI),” J. Ris. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 1–4, 2016.

G. L. Ginting, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CASCADING STYLE SHEETS DENGAN METODE COMPUTER BASED INTRUCTION,” Pelita Inform., vol. III, pp. 15–22, 2013.

E. Buulolo, “APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA NIAS MENGGUNAKAN COMPUTER ASISTED INSTRUCTION,” J. Ilm. INFOTEK, vol. 1, no. 1, pp. 33–35, 2016.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel APLIKASI PENGENALAN JENIS VIRUS BERBAHAYA BAGI TUBUH MANUSIA DENGAN COMPUTER BASED LEARNING (CBL)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)



JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)
Publish by Universitas Budi Darma (before STMIK BUDI DARMA (P3M))
Email: jurikom.stmikbd@gmail.com

Creative Commons License
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International.