Implementasi Strategi Marketing Mix Pada Rintisan Usaha Kreatif “Lichaposaâ€
DOI:
https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i1.3167Abstract
Lichaposa merupakan salah satu rintisan industri kreatif di Kota Madiun, Jawa Timur. Usaha kreatif Lichaposa bergerak dalam bidang urban garden, pot dan tanaman hias. Sebagai salah satu rintisan bisnis, Lichaposa membutuhkan sentuhan manajemen usaha yang moderen. Salah satu faktor yang mendukung peningkatan usaha adalah pemasaran. Salah satu cara untuk menghindari kegagalan suatu usaha baru adalah dengan memahami konsep marketing mix. Aspek yang digunakan yaitu marketing mix dengan 7P meliputi product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Produk pot yang dibuat oleh rintisan industri kreatif Lichaposa menggunakan bahan baku limbah kayu. Harga jual potty sawdust yaitu Rp. 20.000-100.000 tergantung model karakter, jenis tanaman, dan bisa terjual terpisah sesuai keinginan konsumen. Tempat yang digunakan pembuatan produk Lichaposa adalah di perumahan Kota Madiun. Tempat penjualan potty sawdust adalah online dan offline. Promosi dilakukan dengan menggunakan media sosial dan e-commerce. SDM yang terlibata dalah generasi milenial yang kreatif dan inovatif. Rintisan industri kreatif Lichaposa menggunakan peralatan yang berkualitas supaya menghasilkan potty sawdust yang berkualitas pula. Proses juga dijalankan dengan profesional dan sesuai kompetensi SDM. Kesimpulan dari program ini adalah melalui sosialisasi dan sharing, maka rintisan industri kreatif Lichaposa mendapatkan pengetahuan tentang strategi marketing mix dan analisis SWOT untuk peningkatan penjualan produk dan pengembangan kapasitas usaha.
References
N. Hayati, I. Irmawati, T. Himawan, N. D. Nathasia, R. A. Ma’arif, and T. I. Saputra, “Perancangan Sistem E-Marketplace Untuk Produk Khas Betawi Dari Jakarta (studi kasus: Setu Babakan),†JMM - J. Masy. Merdeka, vol. 2, no. 2, pp. 1–7, 2019, doi: 10.51213/jmm.v2i2.21.
R. S. Retno and W. L. Yuhanna, “Implementasi green living berbasis scientific inquiry pada pembelajaran ipa terhadap kinerja ilmiah mahasiswa,†Prem. Educ. J. Pendidik. Dasar dan Pembelajaran, vol. 8, no. 1, p. 31, 2018, doi: 10.25273/pe.v8i1.2087.
J. Sihite, S. Assauri, and R. E. Halim, “Brand promise and reputation against the campaign of a political party,†Eur. Res. Stud. J., vol. 21, no. Special Issue 3, pp. 227–240, 2018, doi: 10.35808/ersj/1398.
W. L. Yuhanna and A. R. Nurhikmawati, “Pemberdayaan masyarakat dusun suweru dalam pemasaran produk kopi lokal melalui strategi marketing mix,†Pros. Semin. Nas. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., pp. 52–57, 2017.
P. Kotler, “Marketing Mix Decisions for New Products,†J. Mark. Res., vol. 1, no. 1, p. 43, 1964, doi: 10.2307/3150319.
P. A. Syukur and F. Syahbudin, “Konsep Marketing Mix Syariah,†J. Ekon. Dan Perbank. Syariah, vol. 5, no. 1, pp. 71–94, 2020, doi: 10.46899/jeps.v5i1.167.
E. R. Santoso, Wan Mariatul Kifti, “E-Commerce Business To Consumers Sarana,†vol. 1, no. 2, pp. 147–150, 2020.
Juliana, “Masih Relevankah Strategi Marketing Mix Meningkatkan Kepuasan Pelanggan,†JDM - J. Din. Manaj., vol. 1, no. 2, pp. 162–168, 2010, doi: 10.15294/jdm.v1i2.2473.
A. Mas’ari, M. I. Hamdy, and M. D. Safira, “Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau,†J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 5, no. 2, p. 79, 2020, doi: 10.24014/jti.v5i2.8997.
M. A. Firmansyah and B. W. Mahardika, “Pengaruh Strategi Marketing Mix (Produk, Harga, Promosi dan distribusi) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Batik di Surabaya,†J. Balanc., vol. XII, no. 2, pp. 18–26, 2015.
Christina Esti Susanti, “Upaya Peningkatan Strategi Marketing Mix Pangan Berbasis Bahan Lokal Melalui Analisis Sikap Konsumen Dengan Model Fishbein Di Surabaya,†J. Manaj. Pemasar., vol. 3, pp. 1–7, 2008, [Online]. Available: http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/mar/article/view/18075.
R. Adnyana; and G. Sri Darma, “Strategi Marketing Mix, Yield Management, Customer Satifaction and Occupany Rate,†J. Manaj. dan Bisnis, vol. 12, no. 1, pp. 99–121, 2015, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).